By | July 16, 2020

Mungkin terdengar sepele namun itu bisa membuat kamu menghargai mereka. Ketika kamu sedang bersama orang lain, berikan perhatian penuh terhadapnya. Perhatian dalam artian tidak terlalu fokus dengan handphone atau menonton TV. Memperhatikan hal-hal kecil dari orang lain akan membuat kamu menemukan kualitas apa saja yang dimiliki orang lain. Sehingga membuat kamu akan lebih paham dan tahu cara memperlakukan orang lain dengan baik.

Tentu saja hal tersebut merupakan sikap tidak menghargai orang lain. Jadi, belajarlah untuk menghargai orang lain supaya kamu memiliki hubungan yang penuh kasih sayang dengan orang-orang disekitar kamu. Jika kamu punya cara lain tentang menghargai orang lain, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Menghargai orang

Beragam cara bisa dilakukan untuk memupuk sikap saling menghargai, seperti memiliki pandangan terbuka, bersikap ramah, murah senyum, dan suka menolong tanpa membedakan agama, ras, suku, dan budaya. Petugas keamanan dapat melakukan penggeledahan setiap orang yang dicurigai memiliki salah satu atau lebih dari berbagai benda diatas. Siapa saja yang kedapatan membawa salah satu dari benda diatas akan diminta untuk menitipkannya di tempat penitipan khusus di luar ruang sidang. Ketika yang bersangkutan hendak meninggalkan ruang sidang, petugas keamanan dapat mengembalikan berbagai benda tersebut.

Dengan itu, kita dapat memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. “Saat anak laki-laki ini menjadi pria dewasa, sikap penuh penghargaan terhadap orang lain sudah menjadi bagian kepribadian dirinya, yang muncul alami,” tambahnya. yang artinya manusia adalah makhluk yang pada dasarnya selalu ingin bergaul satu sama lain sehingga disebut makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia yang selalu hidup dengan manusia lain, dan tidak dapat merealisasikan potensinya hanya dengan dirinya sendiri sehingga membutuhkan orang lain untuk melakukan hal tersebut. Karena itulah, terdapat tata nilai dan norma yang berlaku untuk memelihara keharmonisan antar sesama agar tercipta kedamaian dan keharmonisan di masyarakat. Salah satunya yang paling mendasar adalah sikap saling menghargai satu sama lain agar kedamaian dan keharmonisan tersebut tetap terjaga.

“Misalnya, saat ia ingin bermain ayunan namun ada anak lain yang sedang memainkan, ia dapat mengomunikasikan keinginannya pada anak tersebut dan bermain dengan mainan lain sambil menunggu giliran,” anjurnya. Misalnya, tidak boleh menyakiti orang lain atau merusak barang saat marah. Sebaliknya ia dapat mengomunikasikan perasaannya atau melakukan teknik relaksasi. “Orang tua juga perlu menghargai perasaan anak, hindari mengatakan ‘nggak boleh marah… ‘ dan ganti dengan ‘iya, bunda tahu kamu marah ya, karena…,'” anjurnya.