By | July 25, 2020

Mereka seringkali salah dalam menentukan kebutuhan layaknya sudah memiliki usaha besar saja. Misalnya menciptakan brand bisnis, membuat kartu nama, membeli perangkat lunak mahal untuk pembukuan, dan lain sebagainya. Indonesia merupakan pengguna sosial media yang sangat aktif, terutama pada Instagram yang kini terbanyak ke-3 di dunia, setelah Amerika Serikat dan Brazil. Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promosi penjualan produk. Ada banyak proses yang mesti dijalani, mulai dari menentukan ide, mengelola keuangan, memproduksi hingga mempromosikannya agar dikenal masyarakat.

Cara ini berlaku untuk kamu yang ingin menjual produk sama, baik di Shopee atau Tokopedia. Sebelum upload produk, coba riset perbedaan harga produk kamu di Tokopedia dan Shopee. Pada bisnis ini kamu hanya membutuhkan modal sekitar 3 juta untuk membeli alat print, tinta dan kertas dengan berbagai ukuran. Agar bisnis percetakan kamu dapat tersebar luas, dan mudah dijangkau oleh banyak orang. Karena seseorang tentu akan memilih tempat yang mudah untuk dijangkau, termasuk yang dekat dengan jalan raya. Untuk dapat sukses pada usaha percetakan, kamu harus tau di lingkungan apa saja bisnis ini dapat berkembang pesat.

Tips untuk membuka usaha

Bukan rahasia lagi bahwa promosi lewat medsos bisa dilakukan secara berbayar, namun bisa pula free of charge. Tapi, walau sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan, antara free of charge dan berbayar jelas lebih efektif yang berbayar karena lebih tertarget. Berkat asuransi kesehatan, kamu tidak perlu menguras dana tabungan dan keuntungan usahamu untuk membayar tagihan berobat di klinik atau rumah sakit. Kamu pasti udah sering dengar, banyak pebisnis online yang meraup untung menggiurkan tanpa perlu membuka lapak secara fisik.

Karena percuma saja jika usaha hanya bertahan sebentar, pengusaha akan merugi tidak hanya secara finansial, tapi juga waktu dan tenaga. Saat ini, sudah banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa penerjemah baik dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing maupun sebaliknya. Umumnya jasa yang dibutuhkan berbentuk penerjemahan dokumen dan takarir untuk movie.

Hal tersebut memang baik sebagai pengalaman anda dalam berbisnis, namun sangat buruk untuk kesehehatan anda. Jangan sampai ketika anda telah sukses, uang anda habis untuk biaya berobat anda. Sebagai seorang wirausaha baik pemula maupun sudah ahli, belajar dan terus belajar merupakan hal yang wajib di lakukan. Belajar dengan hal-hal baru mengenai suatu hal atau konsep bisnis merupakan ciri khas wirausaha sukses.