By | July 2, 2020

Berdasarkan perhitungan Year on Year pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama tahun 2020 menunjukkan adanya pelemahan dengan hanya mencapai 2,97% dibandingkan capaian triwulan pertama tahun 2019 yang sebesar 5.07%. Data pada triwulan kedua juga kurang bersahabat dengan menunjukkan kemunduran yang dalam sebesar -5,32%, terburuk sejak tahun 1999. Data pada triwulan ketiga mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 3,forty nine %, sedangkan pada triwulan keempat mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 2,19%. Dampak dari menurunnya persentase ekonomi di Indonesia, salah satunya adalah peningkatan angka pengangguran dan penduduk miskin yang disebabkan karena PHK selama masa pandemi Covid-19. Amerika Serikat memberlakukan larangan masuk dan melakukan perjalanan selama 30 hari hanya untuk orang-orang yang berasal dari Eropa.

KOndisi Covif di Indonesia

Bahkan, orang yang tidak terinfeksi penyakit, tetapi berbagi karakteristik lain dengan kelompok itu, juga dapat menderita akibat stigma tersebut. Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menyampaikan kondisi terkini terkait kasus positif covid-19 di Indonesia, saat ini terjadi penambahan kasus sebanyak 149 orang, sehingga totalnya menjadi 1.677 terkonfirmasi. IDXChannel – Hingga saat ini tak sedikit masyarakat yang masih melakukan aktifitas diluar rumah, hal ini menyebabkan penyebaran virus korona masih aktif di Indonesia. Bank Indonesia menurunkan kembali BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 bps menjadi 4,5% dari sebelumnya four,75%. Sementara suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 5,25% dan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi three,75%.

Kami akan memperbarui data terkini jumlah kasus virus Corona di Indonesia.

Masyarakat juga pada umumnya tidak memahami duduk persoalan, hanya terpaku pada fenomena permukaan. Hal ini terjadi karena kepedulian politik yang semakin rendah terutama karena dunia politik telah dianggap tidak berkenaan langsung dengan mereka, selain karena terlalu banyaknya tipu daya. Artikel ini tidak akan membahas masalah penguatan demokrasi, mengingat tidak ada tanda-tanda mengarah ke situ. Namun penulis juga tidak akan membahas masalah kembali ke kondisi otoriter, karena secara objektif kondisi politik saat ini tidak mengarah ke sana.

Untuk memberlakukan langkah-langkah penegakan hukum yang lebih tegas, pemerintah harus menetapkan regulasi yang jelas, ringkas, dan konkrit tanpa ada ambiguitas, sehingga membatasi kemungkinan terjadinya celah dalam proses implementasi. Perbedaan persepsi mengenai kebijakan pemerintah harus dihilangkan agar publik memiliki pengertian yang sama atas hukum yang berlaku. Penilaian ketidakpastian kebijakan harus dihilangkan agar publik sepenuhnya memahami hukum secara seragam. Selain itu, strategi regional harus diselaraskan dengan rencana pemerintah pusat untuk mengurangi inkonsistensi dalam pelaksanaan strategi.

Jika orang sakit perlu pergi ke fasilitas kesehatan, mereka harus memakai masker medis. Kebijakan baru tersebut menjelaskan tindakan melarang mudik pasca-Ramadhan, tetapi bukan tindakan pulang ke rumah. Perpres baru akan memberikan sanksi bagi pelanggar yang berkeras ‘mudik’. Namun, regulasi tersebut dinilai tidak efektif dan salah dalam membatasi pergerakan massa menjelang Lebaran.